Rabu, 09 Mei 2012

Dadar Gulung Isi Kelapa


Wah..siapa yang nggak tau jajanan manis, gurih dan legit ini..hehehe... Dari kecil sampai punya buntut gini, jajanan pasar ini slalu jadi favorit diriku. Inget banget, dulu kalau diajak mama ke pasar dan diampirin ke bakul jajanan kue di pasar pasti yg dipilih jajanan ini. Anehnya dulu aku suka makan kulitnya aja, dalemnya aku buang. Mungkin karena rasa manis yg bukan dari gula asli yah..jadi rasa manisnya aneh..maklum jajanan murah meriah. hehehe..
Dan..nggak nyangka..sekarang sudah bisa bikin kue ini sendiri, bahannya murah meriah, gampang dan jadinya baaaannnyyyaaak...puaaasss...banget makannya. Sampe makan siang dan malam di skip karena udah kekenyangan makan nih kue..hehehe...Eh, tapi..sekarang dalemnya aku makann juga lo...enak kok, gak terlalu manis. gurih lagi. hehehe...(disesuaikan ama seleraku sih.. ;p)

Resepnya aku ambil dari beberapa sumber.. ada yang nanya tetangga, ada yg browsing, ada yg insting ada jg yg nanya penjual kelapa. Eh..hahaha..nggak tau lah..resep ini yg aku pake tadi ..:D

Dadar Gulung Isi Kelapa 

Kulit :
250 grm tepung terigu protein sedang
60 ml santan instan
450 ml air
1 butir telur
3sdm margarin --> dilelehkan dahulu, dinginkan
1sdt garam
1sdm pasta pandan --> optional...kalo gak punya bisa diganti dg daun pandan yg dijuice dan dicampur dg sebagian air, lalu disaring. 
pewarna (optional)

Isi :
200 grm kelapa parut
75 grm gula merah sisir halus
1 sdt garam
3 lbr daun pandan..
2sdm gula pasir.

Cara buat :

Isi :
  • Campur jadi satu kelapa parut, gula merah, gula pasir, garam, daun pandan. Aduk terus sampai rata dengan api kecil kurleb 10-15 menit agar kelapa matang benar dan nggak gampang bau/ basi. Lalu angkat dan dinginkan. 
Kulit :
  • kocok lepas telur, tuang santan instan, garam, pasta pandan dan pewarna. Aduk sampai rata.
  • Masukkan tepung dan air kedalam adonan telur dll..secara bergantian...aduk terus dengan whisk sampai rata, dan pastikan tidak ada tepung yg masih menggumpal, lalu tuang margarin yg sudah dilelehkan, aduk rata.
  • Sebaiknya adonan kulit ini disaring, untuk memastikan tidak ada tepung yg menggumpal dan mendapatkan kulit dadar yg mulus nggak bergidil (halah bahasanya.. ;p)
  • Panaskan wajan anti lengket (teflon) diameter kurleb 15 cm.  Oles tipis-tipis dengan margarin.
  • Ambil satu centong (kira-kira aja) asal jangan terlalu tebal atau terlalu tipis (nanti susah digulungnya), tuang ke atas wajan, putar2 cepat sampai merata di seluruh permukaan wajan. Bila seluruh warna adonan sudah berubah berarti sudah matang, angkat taruh di piring datar.
  • Lakukan sampai adonan habis.
Penyelesaian :
Selagi kulit panas, tuang 1 sdm isi dadar di salah satu sudut kulit. Lipat kulit dan gulung.
Lakukan sampai kulit habis.

Selesai..

Semoga Bermanfa'at.. :) 




Tidak ada komentar: