Senin, 07 Mei 2012

Brownis Gulung Kukus pandan keju (Steamed Gulung Pandan Keju)

Bosen ama yg warna kuning dan coklat, sekarang beralih yang berwarna hijau. Yah..meski dirumah nggak terlalu suka ama pandan sih. Awalnya sih Browkus ini pingin aku kasih filling cream moka, tapi..berhubung papa (my hubby) cheese lover, yah..ngalah lah..dalemnya dikasih keju aja. Lalu dikasih nama Brownkus Gulung Pandan Keju. :D. 
Buat yang bosen ama Browkus keju atau coklat, ini bisa jadi alternatif  buat pilihan rasa. Rasanya enak kok, lembut dan gurih (karena aku sertakan santan di dalamnya). Resepnya aku adopsi dari mbak Ricke Indriani, dan aku ubah sesuai kebutuhanku dan bedanya aku buat berbentuk gulung. Biar gampang makanya, dan rasa fillingnya juga lebih terasa (karena nggak cuman sebagai taburan aja di bagian atas). Ini resepnya aku cantumkan sekalian. 

Brownis Gulung Pandan Keju (Steamed Gulung Pandan Keju)
By : Ricke Indriani,
Adopted : Aku

Bahan A:
3 butir telur
100 gram gula pasir
1/2 sdt emulsifier
1/2 sdt garam

Bahan B:
75 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour
10 gram susu bubuk
10 gram maizena
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanili bubuk

Bahan C:
25 gram minyak goreng
25 gram butter / margarin
50 gr WCC (White Cooking Chocolate)
25 ml santan kental instan+ 2 sdm air perasan daun pandan + 1 sdt pasta pandan (usahakan pilih pasta pandan yg berkualitas bagus ya, karena pasta pandan ini mempengaruhi sekali aroma pada cake)

Cara membuat :
  • Siapkan loyang bolu gulung ukuran 28 x 28, olesi dengan margarin seluruh permuka'annya. Alasi dengan kertas roti dan oles kertas roti dg margarin.
  • Panaskan kukusan / klakat.
  • Siapkan bahan C, panaskan santan sampai hangat, matikan api. Masukkan white cooking chocolate, aduk rata sampai coklat leleh dan tercampur dengan santan. Masukkan minyak goreng dan margari/ mentega. Sisihkan.
  • Kocok bahan A sampai mengembang, kental dan putih dengan mixer kecepatan tinggi, sampai putih lembut, dan meninggalkan jejak pada sa'at ujung mixer diangkat / adonan membentuk pita sa'at ujung mixet diangkat. 
  • Kira-kira seperti ini : Pada gambar pertama  Bahan A masih berbusa, Gambar kedua sudah lembut tapi belum meninggalkan jejak / membentuk pita sa'at ujung mixer diangkat, Gambar ketiga adonan sudah lembut, berwarna putih, dan meninggalkan jejak sa'at diangkat. 


  • Masukkan bahan B sedikit demi sedikit sambil diayak dan dikocok dengan kecepatan paling rendah / bila masih ragu takut adonan turun bisa menggunakan sepatula untuk mengaduk balik adonan. 
  • Tuang bahan C, aduk balik dengan sepatula hingga rata.
  • Tuang dalam loyang, kukus antara 10-12 menit.
  • Siapkan plastik tahan panas yg ukurannya lebih besar dari ukuran cake, bisa juga menggunakan kertas roti (dari pengalaman, lebih mudah menggulung brownis kukus/bolu kukus dengan menggunakan plastik. Jika menggunakan kertas roti, bila menggulungnya tidak hati-hati  kulit brownis kukus akan menempel pada kertas. INI TIDAK BERLAKU PADA BOLU GULUNG PANGGANG )
  • Setalah matang segera keluarkan dari kukusan
  • Segera balik loyang diatas plastik tahan panas / kertas roti, segera lepaskan kertas roti yg menempel pada cake.
  • Segera gulung selagi panas-panas (sebelum diberi filling / isi)
  • Bagi yang masih bingung menggulung brownis/cake/ bolu, berikut aku sertakan cara menggulungnya :

  1. Lepas kertas roti yg menempel pada bolu/ cake/ brownis.
  2. Kertas roti yg menempel pada bolu/ cake/ brownis sudah terlepas
  3. Angkat plastik/ kertas roti kearah atas.
  4. Posisikan agar plastik/ kertas roti selalu berada di atas (plastik / kertas tidak ikut tergulung dalam cake)
  5. Terus gulung dengan cara menarik plastik  kedepan.
  6. Gulung sampai semua permukaan cake tergulung, sambil sesekali dirapatkan agar gulungan menjadi padat.
  7. Selesai digulung, bungkus roti dengan plastik/ kertas penggulung tadi smabil dirapatkan kembali. Lalu biarkan sampai dingin.
  • Setelah dingin, buka gulungan secara perlahan -lahan. Oleskan butter cream dan keju parut didalamnya. 

  • Gulung kembali, rapatkan kembali, siap dipotong dan dihidangkan.
Keterangan :
Apabila filling atau isi didalamnya menggunakan selai/ jam, bisa dioleskan langsung sa'at panas-panas dan bisa langsung digulung.

Semoga Bermanfa'at yah.. :)



Tidak ada komentar: