Selasa, 17 April 2012

Black Forest Cup Cake

Ceritanya nih siang-siang panas2..si kecil minta dibuatin kue. "kie-kie kie ma...!!!!!!!!, Mau kie", berhubung si kecil sukanya kue yg nyoklat dan lembut. Pikir otak..okeh lah black forest jadi deh. hehehe..
BF ini aku buat nyotek resepnya BF gulung NCC, tapi aku aplikasikan ke Cup Cakes..yah biasa,..dengan perubahan disana-sini sesuai kebutuhan..dan Allhamdulllilah..rasanya enak bgt, nyoklat dan lembuuuutt..gak seret. Ini dia hasilnya..Tara.. :D


Aku sertain resepnya sekalian ya..plus ala akunya.
1 resep jadi 14 cup cake momma standart.. 

Bahan A:
4 btr           Telur
100 gr         Gula pasir--> 120 grm
1 sdt           cake emulsifier
¼ sdt          vanillie

Bahan B:
30 gr          coklat bubuk ---> aku 35grm
20 gr          maizena --> aku 25 grm
50 gr          terigu --> aku 60 grm
(Aku nambahin komposisi bahan B ini dikarenakan, resep asli diperuntukkan membuat BF gulung yg membutuhkan tekstur yg lentur supaya gampang digulung dan nggak retak waktu digulung, nah..krn resep ini aku ubah make cup cake, makanya aku tambahin komposisinya, kalo nggak ditambah pas mateng cake BFnya bakalan kempis).

Bahan C
50 gr          mentega/butter , lelehkan.
1 Sdm       pasta Black Forest (resep asli gak pake).
(campur jadi satu)


Bahan D:
200 gr         whipped cream, kocok kaku (butter krim)--> aku 100grm whipcream bubuk + 200ml susu UHT dingin (kocok speed tinggi sampai kaku)
100 gr         dark cooking chocolate (DCC), serut.-->aku dicetak menurut selera
5 bh           cherry merah --> aku tergantung kebutuhan desain cupcakes. ;p


Tambahan Aku :
2sdm         selai blueberry dicairkan dg 50ml air matang.


Cara Membuat :
 Kocok Bahan A hingga kental, masukkan bahan B sambil diayak, tuangi bahan C aduk balik hingga rata.
Masukkan ke dalam Cup. Panggang hingga matang, dinginkan.
Suntikkan selai blueberry yg telah dicairkan ke dalam cupcakes, sprti menyuntikkan filling pada cupcakes. (tujuannya untuk mendapatkan tekstur cake yg lembab dan lembut). 
Hias sesuai selera menggunakan bahan D.
Selesai... :D

Semoga bermanfa'at.. :)

Tidak ada komentar: