Selasa, 07 Februari 2012

Bim Salabim..Bulu Hongkong..


Huwaaa.........!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Nangis gulung-gulung lagi...Maksud hati pingin banget buat "Bolu Hongkong" buat belajar menghias cake (cari yg irit telur..) hehehehe..tapi sekali lagi aku mengalami kegagalan..hiks..hiks.. (lebay.. :p ) . Pas waktu di oven udah bagus ngembang nah..pas kluar oven mulai cekung deh..Tapi untungnya cekungnya nggak banget-banget lah masih bisa diselamatkan dengan motong atasnya dikit.  ya..namanya baru belajar, kegagalan adalah awal dari kesuksesan..(menghibur diri sendiri.com). lain kali lah bikin lagi dan semoga sukses...hehehe..

ini dia hasilnya setelah dipotong atas, dan tepinya..tapi motongnya kok gak  mulus yah..?? hehehe..sekali ngeles..(namanya juga masih belajar) :p

Bolunya  aku bagi dua, bagian tengan dioles selai bluberry. Lalu kututup semuanya dengan whipe cream. pinggirannya aku pagerin dengan colat,  bagian atas dikasih serutan keju..hhuuummm...nyuummmy..

nggak keliatan kan kalo bolu kempis ditengah..heheheh..
untuk rasanya..humm...nnyyyuuummmmyy...enak...!!!!!!!!!!!!!

Eh iya...Bolu Hongkong ini aku pakai resepnya Bunda Nadhifa,

nih aku tulis lagi resepnya dan aku ubah menurut tersedianya bahan di dapur hehehe

Bolu hongkong
Bahan:
- 4 kuning telur
- 30 gram gula pasir halus
- 1 sdt emulsifier
- ¼ sdt essence vanilla (aku nggak pake aku ganti vanili...Nggak punya) ;p
- 1 sdm susu cair (aku pake SKM putih)
- 4 putih telur
- ¼ sdt garam
- ½ sdt cream of tartar (aku gak pakai)
- 50 gram gula pasir halus
- 60 gram tepung terigu protein rendah (karena nggak punya aku pake protein sedeng) ini kali ya yg menyebabkan kempes..:P
- 10 gram maizena
- ½ sdt baking powder
- 50 gram margarin, lelehkan dan dinginkan
- 30 gram keju cheddar parut untuk taburan (aku pakai 100 gram)

Cara membuat:
- Kocok kuning telur, 30 gram gula pasir halus dan emulsifier sampai kental dan pucat. Masukkan susu cair dan essence vanilla. Kocok rata. Sisihkan.
- Kocok putih telur, garam dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Masukkan 50 gram gula pasir halus sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai mengembang.
- Masukkan kocokan kuning telur ke dalam kocokan putih telur sambil dikocok perlahan sampai rata.
- Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung terigu, maizena dan baking powder sambil diayak dan diaduk perlahan. Masukkan keju cheddar parut. Aduk rata.
- Masukkan margarin leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dan merata.
- Panggang dalam oven sampai matang sekitar 30 menit atau sampai matang

Tidak ada komentar: