Minggu, 26 Februari 2012

Brownis Kukus Keju


Berhubung lagi suka ngukus-ngukus nih...hehehe..Jadi..sore ini buat temen kumpul keluarga disaat udara dingin aku bikin Brownis aja deh. Kemarin kan sudah bikin Brownis Kukus Coklat (request neng Aya yg doyan bgt ama coklat) sekarang ngikutin request Suami yg maniak keju. Sekalian manfaatin chesee cream yg aku coba buat kemarin dan rasanya juga nggak ngalahin chesee cream yg dijual ditoko loh..hehehe..
Setelah aku nanya2 pak Google..akhirnya nemu resep yg pas dihati, cuman ada sedikit bahan yg aku skip dan aku ganti dg cheese cream. dan hasilnya...ngeju banget..!!!!!!!!!!!! Dan dapet 2 jempol dari yg request,,duh..senengnya.. :D

ini penampakan baru keluar loyang
setelah dikasih parutan keju (biar cantik, dan tambah nendang rasa kejunya)

Resepnya aku peke Brownis Kukus Radin Cake 

Bahan A :
2 btr kuning telur
2 btr telur senatero (utuh)
100grm gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt emulsifier (aku pake sp)
1/2 sdt garam

Bahan B ( campur dan ayak)
75grm tepung trigu
25grm susu bubuk
20grm maizena
1/2sdt baking powder

Bahan C (campur dan lelehkan)
60 grm chesee cream 
85 grm minyak sayur
chesse cream di tim dulu sampai leleh lalu masukkan minyak sayur dan aduk hingga rata

Bahan D 
50grm keju chedar potong kotak dadu

Cara Membuat :
  • Panaskan kukusan
  • Oles loyang 30 x 10 x 4 dengan margarin atau minyak beri kertas roti alsanya dan oles margarin atau minyak lagi.
  • Kocok bahan A, kecuali garam. kocok hingga putih kental dan berjejak. Lalu masukkan garam kocok lagi sebentar
  • Masukkan bahan B, aduk hingga rata
  • Masukkan bahan D aduk pelan.
  • Masukkan bahan C, aduk hingga rata (dengan cara aduk balik)
  • Masukkan ke loyang, dan kukus kurleb 40-45 menit.
  • Hias dan sajikan.. :)
Eh, yah..ini resep cheese creamnya :
Bahan :
100 grm keju chedar parut halus
100 grm susu segar (aku pake UHT)
20grm butter
Cara :
semua bahan di campr jadi satu, jarang diatas api paling kecil. aduk rata sampai semua keju leleh dan halus.
bila sudah mendidih(atau meletup-letup) pinggirnya, matikan api dan terus aduk2 sampai dingin..

Semoga bermanfaat.. :)

Tidak ada komentar: